a. SAWAD

Santri Berjiwa Adventure (SAWAD) berdiri pada tahun 2013. Nama SAWAD diambil dari bahasa Arab yang berarti hitam. Karena setelah berpetualang, sebagian besar kulit mereka menjadi hitam. Komunitas ini mewadahi santri-santri yang memiliki jiwa petualang untuk berpetualang bersama. Kegiatan Sawad difokuskan pada kegiatan hiking atau naik gunung. Sudah banyak gunung yang didaki oleh komuniatas sawad ini. Slogan komunitas ini adalah “dont underestimate us”. Gunung-gunung yang pernah di daki Sawad diantaranya yaitu Gn. Merbabu, Gn. Merapi, Gn. Lawu, Gn. Sindoro, Gn. Sumbing, Gn. Andong, Gn. Sikunir, Gn. Prau dan terakhir komunitas ini mendaki Gn. Ungaran.
b. Tim Hadroh Pon-Pes Al Muhsin
Sebelumnya tim hadroh Pon-Pes Almuhsin hanya untuk mengisi kegiatan intern pondok saja, tetapi 1 tahun terakhir ini mulai intens dalam latihan sehingga pernah mengikuti lomba di akhir tahun 2014 walaupun tidak mendapatkan juara tetapi mendapatkan apresiasi terbanyak dari penonton.
c. Tim Futsal Pon-Pes Al Muhsin

Tim ini mulai aktif sekitar 5 tahun yang lalu. Kegiatan utama komunitas ini adalah latihan futsal di malam kamis, sebagai sarana melepas penat kegiatan pondok maupun kampus. Selain latihan itern komunitas ini sering mengikuti beberapa turnamen walaupun masih belum bisa menjuarai kejuaraannya.
d. Tim Sepak Bola PSAM
Dulu tim sepak bola Pon-Pes Al muhsin pernah mendapatkan juara 2 di turnamen antar pondok se Sleman, namun sekarang kegiatan komunatas ini mulai turun karena kekurangan personil.
e. Komunitas Santri Temanggungan
Karena banyaknya santri asal temanggung yang mondok di Pondok Pesantren Salafiyah Al muhsin maka dibentuklah komunitas ini. Komunitas ini sebagai wadah silaturahmi warga temanggung dan memperkuat ikatan saat sudah jadi alumni. Tasmania bersaksi semangat kita menjadi satu saat tim sepak bola temanggung PERSITEMA bertanding.

27 Mei 2015
Penulis Hadi Hudhori